18/02/13

41 Peserta ikuti Seleksi Tertulis Pendamping PPA-PKH

 
CIANJUR, - Sebanyak 41 orang peserta secara antusias mengikuti tes tertulis seleksi untuk menjadi pendamping Program Pengurangan Pekerja Anak sebagai pendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, Senin (18/2/2013).

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur Sumitra melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Perlindungan Tenaga Kerjaan Heri Nugraha mengatakan, para peserta yang mengikuti tes tertulis calon pendamping PPA-PKH tersebut selanjutnya akan mengikuti tes lanjutan berupa wawancara untuk menentukan siapa-siapa yang akan diterima menjadi pendamping.

"Dalam tes tertulis ini saja kita berikan soal kepada setiap peserta dengan peserta lainya berbeda. Sehingga sudah dipastikan jawabannya tidak akan sama. Ini kita lakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan para peserta itu tentang pemahaman soal yang kami sampaikan," kata Heri saat ditemui disela kegiatan seleksi bagi calon pendamping PPA-PKH.

Untuk tes lanjutan berupa wawancara lanjut Heri, akan dilakukan tidak serentak melainkan berdasarkan hasil nomor urut absensi. Untuk 10 peserta akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 25 Februari, 10 peserta pada tanggal 26 Februari dan 3 peserta ditambah 11 mantan pendamping akan dilakukan pada 27 Februari mendatang.

"Hasil dari tes wawancara untuk menentukan siapa yang akan lolos menjadi pendamping PPA-PKH tahun 2013 akan kita umumkan pada 5 Maret 2013 mendatang. Kita akan ambil sebanyak 21 pendamping yang akan kita tempatkan di 21 shelter dan masing-masing shelter tirdiri dari 30 anak. Mereka nantinya akan mendampingi anak baik pra maupun pasca di shelter sampai kembali kebangku sekolah," tegas Heri.

Bagi para peserta yang tidak lulus, pihaknya masih akan berupaya agar mereka bisa menjadi tutor dengan catatan memenuhi kreteria. "Yang tidak lulus kita upayakan menjadi tutor, asalkan memenuhi krteria yang kita butuhkan," paparnya.

Program PPA-PKH yang diterima Kabupaten Cianjur pada tahun 2013 ini merupakan yang ke lima kalinya. Pada tahun 2013 ini Kementerian Tenaga Kerja mempercayakan Kabupaten Cianjur untuk mengelola program PPA-PKH bagi 210 anak yang terbagi dalam 7 shelter. Sebelumnya pada tahun 2012 silam, Kabupaten Cianjur mendapatkan program yang sama untuk empat shelter atau 120 anak.

"Salah satu tujuan PPA-PKH ini tidak lain adalah mengurangi pekerja anak agar kembali ke bangku sekolah. Selama di shelter nanti para pekerja anak ini akan diberikan motivasi agar bisa kembali bersekolah. Memang tidak gampang, banyak tantanganya. Tapi hasil yang sudah kita laksanakan hampir seluruhnya kembali kesekolah," katanya  
 
 
Sumber : KabarCianjur.com
    Burudul Menak Tikidul Aden FM di Sukamenak Radiona Orang Kidul Legeg Sunda Gaya Menak
Radio Aden 91.8 FM Cianjur © 2012 Crew Aden

Office

PT. RADIO ADEN SUWARA SINDANG BARANG

Jl. Pesantren Cikiruh Kp. Sukamenak Rt.01 Rw. 06

Desa. Sukamekar Kec. Sukanagara Cianjur Jawa Barat